Senin, 11 Oktober 2010 | By: APonti

Magang Hari Keempat

Senin, 11 Oktober 2010


huehuehue....... sebelum posting laporan magang hari keempat di SMK Lugina Narsis dolo...... wkwkwkwkkwk......

oke langsung aja,
Magang hari keemapat kembali harus dijalani sendiri. kedua teman seperjuangan saya yudi dan jul harus pergi kebandung ikut mengemasi barang setelah pentas seni aceh di Bandung. Yah tapi untunglah teman saya Fiona dari kelompok 3136work bersedia membatu saya untuk mengajar di SMK Lugina yah berhubung dia tidak magang hari ini karena meraka diliburkan oleh pihak sekolah SMA Plus Islam Pacet.

Rencana awal kegiatan magang hari ini adalah mengajarkan materi Blender kepada siswa-siswi yang telah di pilih oleh Pak Asep. tempat pukul 12 kita tiba di SMK Lugina langsung bertemu dengan Pak Asep. Setelah berbincang-bincang sebentar dengan Pak Asep ternyata ada perubahan jadwal magang untuk minggu ini. jadwal magang minggu ini dikhususkan untuk dewan-dewan guru dikarenakan siswa-siswi SMA Lugina sendang menghadapi UTS. Alhamdulillah hari ini saya tidak magang sendirian, untungnya ada fiona yang bersedia menemani saya magang (*walaupun harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayar ongkos PPnya fiona :( ckckckck.... ).

yah memang tidak sia-sia saya membawa fiona magang hari ini. cukup membantu saya dalam proses belajar. materi yang saya berikan hari ini adalah Blender. memang cukup canggung pertamanya karena saya yang biasanya diajar bapak dan ibu guru, kali ini saya harus balik mengajar mereka (*:D nyengir mode on). Kegiatan hari ini dimulai pada pukul 13:00 - 16:00.
setelah selesai tahap instalasi maka dimulailah kegiatan magang hari ini.

hal pertama yang saya sampaikan adalah mulai dari apa fungsi dari aplikasi Blender, kemudian bagaimana cara menjalankan aplikasi ini, dan dilanjutkan pada pengenalan area kerja dari blender serta tombol-tombol shortcut untuk extrude, scale, rotate, loop cut, select all, grab, pemberian warna dan lain sebagainya. Memang butuh waktu berberapa saat untuk menyesuaikan diri menjadi pengajar apa lagi harus mengajar guru-guru yang telah banyak berjasa pada saya sehingga saya bisa menjadi seperti ini dan cukup membuat saya grogi :D. materi yang pertama saya berikan adalah membuat objek kursi dimana dalam pembuatan objek kursi ini mencakup beberapa hal dasar dalam penggunaan aplikasi Blender sebagai aplikasi desain animasi dimana antara lain adalah extrude face, delete face, loop cut, select area dengan menggunakan tombol B, rotate, scale, fill serta ada sedikit tambahan animasi untuk membuat kursi itu berputar. Alhamdulillah ada beberapa guru yang berhasil mengikuti kegiatan ini sehingga berhasil membuat animasi seperti yang saya peragakan. yah dibawah ini sedikit beberapa hasil documentasi dari kegiatan magang hari ini.

Proses Instalasi Blender di laptop guru-guru








Pengenalan Blender Kepada Guru-Guru



Uuppss... Lupa, ada juga 2 siswa SMK Lugina tadi yang membantu saya menginstalkan blender di laptop guru-guru. padahal baru ngajari buat kursi pada guru-guru, eehh.... ternyata si fiona udah ngajarin buat rumah ama siswa-siswa, salute buat anak SMK Lugina. Narsis dolo bareng anak SMK :P

2 komentar:

Unknown mengatakan...

salam buat para guru dan siswa smklugina...sukses ya...sabar ya dalam menjelaskan kepada guru2 kita...:)

APonti mengatakan...

Oke Pak besok kita sampaikan.
postingan hari ke 5 sedang di susun mungkin ntar lagi akan kita posting
heheheheheh........

Posting Komentar