Rabu, 20 Oktober 2010 | By: APonti

Magang Hari Ketujuh

Senin, 18 Oktober 2010

image

Akhirnya bertemu kembali dengan hari senin dimana hari ini kelompok kami harus kembali magang di SMK LUGINA. Yap….. seperti yang kami bicarakan minggu lalu dengan Pak Asep maka untuk magang minggu ini dan minggu depan akan di berikan kepada siswa-siswi SMK Lugina. Untuk Minggu ini kita akan memberikan materi 3D Blender kepada siswa-siswi SMK Lugina. yang bertanggung jawab dalam pemberian materi sesuai yang telah kita sepakati adalah Fiannur Hussain

Target magang hari ini adalah mengenalkan GUI dari Blender dan basic-basic blender serta shortcut yang sering digunakan dalam Blender.

Kegiatan dimulai setelah kembali berkenalan karena masih ada yang belum mengenal kami, huehuehuehue……. Hal yang pertama kita perkenalkan adalah GUI (Graphical user interface) dari Blender mulai dari Main header, Viewport, Toolbar, Timeline, Outliner, serta panel Properties. Kemudian kegiatan kami lanjutkan dalam pengenalan basic-basic dari Blender serta shortcutnya yaitu Extrude (E), Scale (S), Rotate (R), Sumbu X, Y dan Z, Grab (G), Select All/Unselect All (A), Add (Shift+A), Fill (F), Loop Cut (Ctrl+R), View Fornt (Num 1), View Back (Ctrl+Num 1), View Right (Num 3), View Left (Ctrl+Num 3), View Top (Num 7), View Bottom (Ctrl+Num 7), View Presp/Ortho (Num 5), Undo (Ctrl+Z), Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces (Ctrl+Tab), Delete Obyek (X), Memilih Obyek (Klik Kanan), Memilih banyak Obyek (Shift+Klik Kanan).

Kemudian setelah pengenalan shortcut kita lanjutkan dengan praktek membuat obyek yang simple yaitu kursi. setelah pembuatan kursi selesai kemudian dilanjutkan dengan pemberian warna dengan pemanfaatan tool material, kemudian Tool Modifier dan pilih Subdivision Sruface dan dilanjutkan Smooth biar kelihatan lebih halus obyek yang kita buat. Alhamdulillah target untuk hari ini bisa dicapai, dimana semua siswa yang hadir pada hari ini berhasil membuat kursi sesuai yang dicontohkan.

Berikut dokumentasi dari pelaksanaan magang hari ketujuh di SMK LUGINA

0001

0001

0001

0002

0001

 

Foto1270

 

Foto1269

Foto1267

0 komentar:

Posting Komentar