Rabu, 20 Oktober 2010 | By: APonti

Magang Hari Kesembilan

image

Magang hari Kesembilan masih membahas tentang Blender. Hari ini adalah hari terakhir pembahasan tentang Blender, Materi yang akan diberikan hari ini adalah UV Mapping, Riging, Skining, Rendering, dan Editing Video dengan menggunakan Blender. Target magang hari ini adalah membuat kaleng joget dengan menggunakan Tutorian dari Forum Blender Indonesia.

Kegiatan dimulai seperti biasa, tapi hari ini kami tidak ditemani Pak Asep, karena beliau sedang membawa anak didiknya untuk mengikuti lomba. Setalah kami membagikan tutorial kaleng joget, kami memberikan waktu sampai jam 2 untuk membuat property kaleng dan alhamdulillah sebelum jam 2 ada 1 siswa yang sudah berhasil membuat property kaleng dan ingin melanjutkan ke proses UV mapping. Tapi alangkah kesiannya ketika aku sudah mengajarkan UV Mapping kepadanya dan sudah jadi pula, komputer yang ia gunakan restart dengan sendirinya. Aku hanya bisa tersenyum dan tertawa kecil (heheheheheh) dan sambil mengingatkan yang lain untuk tidak lupa mengesave projek yang sedang mereka buat.

setelah semua siswa berhasil membuat property kaleng maka kegiatan selanjutnya kita secara bersama-sama dengan panduan dari fian membuat UV Mapping dan dilanjutkan dengan pembuatan tulang (Riging), dan Skining. setelah selesai pembuatan tulang dan proses skining maka kita masuk kedalam tahap animasi untuk mebuat kaleng joget. Nah kita disini hanya mengajarkan sampai pembuatan animasi saja dan alhamdulillah para siswa-siswi berhasil membuat sampai proses animasi tersebut. Nah untuk proses Rendering dan Editing Video saya hanya menunjunkan cara-caranya saja kepada siswa. Karena untuk proses Rendering akan memakan waktu yang cukup lama sehingga saya hanya menunjukan caranya saja sampai pada proses Video Editing. Nah akhirnya kita perlihatkan hasil dari kaleng joget yang sudah saya rendering sebelumnya ketika mereka membuat property kaleng.

Nah ini ada sedikit dokumentasi magang hari kesembilan di SMK Lugina

UV Mapping

image

Animation

image

image

image

Proses Video Editing menggunakan Blender setelah di Rendering

image

Hasilnya

image

1 komentar:

thirteen monkeys project mengatakan...

baru tau kalo tutorialnya sudah melanglang buana sampai ke Aceh.... semangat terus....

Posting Komentar