Kamis, 07 Oktober 2010 | By: APonti

Magang Hari Kedua

Selasa, 05 Oktober 2010
setelah hari senin kemarin magang di SMK Swasta Lugina yang dimulai dengan upacara bersama dewan-dewan guru dan murid-murid SMK Swasta Lugina. Hari ke-2 magang harus saya jalani sendiri, teman seperjuangan saya Yudi Prasetya harus berangkat kebandung untuk mengambil berkas-berkas dosennya dari aceh yang akan berangkat ke Turkey untuk meneruskan pendidikan S3 nya disana dengan ditemani juliadi(*katanya seh takut nyasar dibandungnya*hehehehe....). akhirnya saya berangkat sendiri menyongsong matahari pagi dengan tekat bulat dan penuh keiklasan untuk mengajar siswa-siswi SMK Swasta Lugina (*walaupun gak tau apa-apa yang penting udah niat).

Sesampainya di SMK Lugina (walaupun hampir dikunciin pagar :P) harus menunggu 1 1/2jam untuk bertemu dengan guru TInya, maklum masih sibuk-sibuknya ngurus akreditasi sekolah. Jam dindingpun menunjukan pukul 8.30, akhirnya ketemu juga dengan gurunya dan diantar ke kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), dan dimulailah magang hari kedua di SMK Swasta Lugina.

Rencana semula dari kelompok kami adalah Presentasi tentang materi yang akan kami sampaikan mJeni, Blender, LMS, SeaEduNet, full untuk hari pertama magang, tetapi harus disesuaikan dengan permintaan pihak sekolah, dimana kita harus mengisi waktu kosong guru TI karena gurunya lagi sibuk mengurus Akreditasi Sekolah, yah akhirnya kita hari senin masuk ke kelas XA RPL dan XB RPL, dan hari selasa XI RPL dan hari Rabu XII RPL.

Magang Hari Ke-2

"Nanti Langsung masuk aja ya ke kelas RPL XI, ya presentasi aja dulu materi2nya buat isi waktu 2 jam biar gak keliatan kosong kelasnya sama Assesor" yah kurang lebih begitulah yang katakan Pak Asep Guru TIK disana dengan logat sundanya. Yah pertamanya agak cangung masuk kekelas dan mengenalkan diri dan tujuan karena biasanya Yudi yang memulai percakapan. Akhirnya dengan mengucapkan Assalamualaikum wr,wb dan respon yang baik dari siswa siswi SMK Swasta Lugina membuat saya menjadi lebih percaya diri dan bersemangat untuk memulai presentasi hari ini.

Materi pertama yang saya presentasikan adalah 3D Blender karena sesuai dengan pembagian tugas kami di awal bahwa tanggung jawab saya adalah mengajar 3D Blender dan RPG Maker. kemudian dilanjutkan dengan RPG Maker, mJeni, LMS dan SeaEduNet. Antusias siswa siswi kelas XI lebih kepada 3D Blender. Mungkin kareana mJeni lebih banya codingnya hehehehehe (*saya aja pusing liatnya :D).

Diakhir presentasi saya, saya buka sesi tanya jawab, yah lumayan membuat saya kerepotan menjawabnya :P, tapi alhamdulillah meraka puas dengan jawaban saya. ada beberapa siswa yang memang sangat tertarik dengan presentasi saya dan mulai meminta software-software pendukung dan modul-modul yang saya miliki, yah dengan senang hati saya membagikannya toh nantinya akan memudahkan kami dalam memberikan materi karena mereka telah mempelajarinya dirumah masing-masing.

yah ini sedikit documentasi dari magang hari kedua di SMK Swasta Lugina
emang gak bakat ngajar akhirnya ada yang boring tidur deh jadinya :P

Beberapa siswa yang sangat antusias dengan presentasi yang saya sampaikan, maklum presentasinya cuman menggunakan laptop jadi yah harus maju kedepan biar keliatan :P

0 komentar:

Posting Komentar